Begini Cara Menemukan Aged Domain Berkualitas untuk SEO

Menemukan aged domain berkualitas untuk SEO bukanlah perkara mudah, karena harus dilakukan riset terlebih dahulu. Pasalnya, aged domain ini hanya akan terasa dampaknya secara maksimal apabila Anda tahu bagaimana cara meraciknya. Jika berhasil, maka Anda bisa memanfaatkannya untuk berbagai keperluan.

Aged domain juga sering disebut sebagai expired domain. Sesuai dengan istilahnya, ini adalah domain yang sudah tidak aktif lagi atau kadaluarsa. Masa aktifnya tidak diperpanjang lagi oleh pemilik lamanya sehingga Anda bisa mendaftarkannya lagi atas nama sendiri.

Penggunaan aged domain masih terbukti cukup efektif dalam dunia SEO. Bisa dibilang, akan menjadi investasi jangka panjang bagi Anda. Sepertinya cukup menggiurkan, bukan? Pertanyaannya, bagaimana langkah-langkah menemukan aged domain?

 

Kenali Kriteria Aged Domain Berkualitas

Tidak semua domain yang dudah ditinggal pergi oleh pemilik lamanya memiliki label ‘berkualitas’. Ada beberapa kriteria yang harus Anda perhatikan. Berikut penjelasan selengkapnya.

 

  1. Terindeks oleh Google

Carilah aged domain yang masih terindeks oleh Google. Tidak perlu website yang reputasinya baik, yang penting Google masih mengenali domain tersebut. Sebab jika tidak, maka aged domain ini tidak akan terlalu berguna.

Apabila Anda memaksakan aged domain yang sudah tidak terindeks oleh Google lagi, ini justru bisa menyulitkan. Sebab tidak ada jaminan apakah domain tersebut bisa kembali terindeks ketika didaftarkan melalui Google Search Console. Jadi supaya lebih aman disarankan agar Anda memilih domain yang masih terindeks.

 

  1. Memiliki banyak backlink

Yang dimaksudkan di sini adalah backlink kontekstual, artinya letaknya natural di dalam sebuah konten. Semakin natural, kualitas backlink ini pun semakin dinilai baik.

Memang sulit mencari standar nilai tersendiri untuk kriteria ini. Tetapi cara termudah adalah dengan mengecek apakah ada setidaknya 10 backlink kontekstual atau tidak pada aged domain yang Anda incar.

 

  1. Backlink dari situs authority

Perbedaan backlink kontekstual dengan yang satu ini adalah letaknya. Sebuah aged domain berkualitas mungkin memiliki backlink di situs authority. Menurut para praktisi SEO profesional, salah satu parameter yang digunakan untuk menilai kualitas aged domain adalah asal backlink.

Jika itu berasal dari situs yang besar, maka perjuangkan untuk memilikinya. Beberapa contoh situs authority misalnya seperti Dailymail.co.uk, ESPN.com, Buzzfeed.com, atau berbagai situs berita lainnya.

 

  1. Jangan domain yang pernah redirect

Berhati-hatilah saat membeli aged domain, karena bila Anda membeli domain yang pernah redirect, ini dapat memberi dampak buruk. Bahayanya adalah Google bisa memberikan penalti pada situs Anda.

Cara termudah untuk mengeceknya adalah dengan menggunakan archive.org. Coba cek domain yang Anda inginkan itu apakah lolos dari redirect 301 atau tidak. Jika iya, berarti domain tersebut masuk dalam kategori aged domain berkualitas.

 

Trik Mencari Aged Domain yang Bagus

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, tetapi kali ini kita akan membahas tiga cara saja. Yang pertama adalah cara manual, kedua adalah menggunakan layanan khusus dan membeli milik orang lain. Berikut penjelasan selengkapnya.

 

  1. Mencari domain secara manual

Cara ini cukup tricky dan butuh kesabaran ekstra dan harus memperhatikan kriteria yang disebutkan tadi satu persatu. Misal Anda ingin membuat sebuah blog tentang kuliner, maka coba cari secara manual daftar blog kuliner. Biasanya akan ada daftar nama-nama website yang ditunjukkan.

Cobalah buka satu persatu nama-nama website tersebut, jika ada yang sudah mati atau diarahkan ke Mercusuar, itu bisa jadi buruan Anda. Objeknya bisa Anda ganti sesuka hati, misalnya daftar blog tentang listrik, daftar blog pendidikan dan sebagainya.

Setelah menemukan aged domain yang Anda inginkan, jangan langsung dibeli. Lihat dulu reputasinya melalui Ahfrefs apakah mendapat penilaian bagus atau tidak. Baru setelah itu Anda pikirkan untuk lanjut membeli atau mencari gantinya.

 

  1. Menggunakan layanan khusus

Ada beberapa situs yang menyediakan layanan untuk menemukan aged domain berkualitas. Menariknya, meski gratis layanan ini seringkali memberikan hasil yang positif.

Yang dilakukan oleh situs tersebut adalah melakukan data mining. Kemudian akan muncul berbagai detail tentang domain yang sudah memasuki tahapan expired. Adapun beberapa contoh situs penyedia layanan khusus aged domain ini contohnya expireddomain.net atau domcop.com. Masih ada banyak contoh lain, mungkin Anda perlu melakukan riset sendiri lebih dalam.

 

  1. Membeli domain orang lain

Ini adalah langkah ekstrem dan harus ada kesepakatan antara dua belah pihak. Biasanya Anda bisa menemukan orang-orang yang menjual domain beserta blog atau situs mereka di platform jual beli. Alasan orang tersebut menjual berbeda-beda, jadi carilah yang sesuai kebutuhan.

Carilah di grup jual beli Facebook atau situs jual beli barang-barang digital seperti Ads.id atau P-Store.net. Jika ingin aman sebaiknya gunakan rekening bersama (rekber) agar terhindar dari risiko penipuan.

 

Proses Membeli Aged Domain

Setelah mendapatkan domain yang diincar, cepat-cepat beli domain tersebut sebelum diambil orang lain. Akan tetapi Anda harus paham juga bahwa aged domain yang sudah melewati masa lelang biasanya kualitasnya tidak terlalu baik. Jadi Anda harus benar-benar selektif dalam memilih.

Ada sejumlah situs yang menjadi perantara pembelian aged domain berkualitas. Tetapi domain yang sudah kadaluwarsa atau berstatus dropped domain bisa dibeli di registar manapun.

Adapun salah satu situs penyedia yang paling recommended adalah GoDaddy.com. Stok expired domain maupun yang aktif di sana amat melimpah. Jika anda tidak tau betul cara membeli atau mencari aged domain, anda bisa gunakan jasa dari domain-aged.com untuk mendapatkan domain impian anda.

Sedangkan untuk harga aged domain berkualitas biasanya berkisar antara $100 – $300. Namun jika Anda cermat, ada banyak domain berkualitas yang harganya jauh di bawah itu.

Kenapa harganya berkali-kali lipat lebih mahal daripada domain fresh? Tergantung dari mana Anda menilainya. Dari sudut pandang bisnis, angka tersebut dianggap cukup murah. Jadi, selamat berburu aged domain impian Anda.

Leave a Reply: