10 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Domain Expired

Setiap hari, ada ribuan domain memasuki masa expired. Jadi, Anda berpeluang untuk mendapatkan domain expired tersebut untuk mendapatkan keuntungannya. Beberapa orang mungkin masih tidak mengerti tentang kenapa banyak orang yang memburu domain tua atau yang sudah kedaluwarsa. Tetapi ini disebut-sebut sebagai investasi jangka panjang.

Sebenarnya domain yang telah expired bisa diperbarui lagi setelah melewati beberapa periode. Setidaknya Anda harus menunggu selama 30 hari sampai bisa lagi mendaftarkan domain tersebut seperti baru. Tetapi ketika domain tersebut telah lepas kepemilikan dari pemilik lamanya, berarti statusnya sudah expired atau dropped.

BACA JUGA : Begini Cara Menemukan Aged Domain Berkualitas untuk SEO

Tips Membeli Domain Expired untuk Pemula

 

Sebagai seorang praktisi SEO atau investor nama domain, ini adalah peluang besar. Akan tetapi saat membeli domain expired, pastikan Anda mengetahui dasar-dasarnya. Ini sangat dibutuhkan agar domain yang Anda dapatkan benar-benar berkualitas dan memberikan dampak positif.

Untuk itu, Anda perlu memahami 10 hal berikut ini sebelum memutuskan membeli domain yang telah kedaluwarsa.

  1. Pastikan bukan situs SPAM

Ini adalah hal pertama yang perlu Anda cek sebelum membeli expired domain untuk SEO atau kebutuhan branding. Jika domain tersebut sebelumnya pernah digunakan unutk tujuan SPAM, maka Anda juga bisa terkena dampaknya. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara mengetahui hal tersebut pada sebuah expired domain?

Anda bisa menggunakan Wayback Machine. Tools tersebut memungkinkan Anda melihat snapshot halaman-halaman terdahulu dari domain yang telah expired tersebut. Dengan begitu Anda bisa memastikan apakah kontennya aman atau termasuk SPAM.

  1. Apakah ada link SPAM?

Masih terkait dengan SPAM. Anda harus pastikan di dalam domain tersebut dahulunya tidak memiliki histori backlink yang bersifat SPAM. Cara memastikannya adalah dengan menggunakan tools Majestic SEO. 

Dari situ Anda bisa mendapatkan indeks backlink lama yang mengarah ke domain. Nah, dari sini Anda bisa menganalisis sendiri apakah ada di antara link tersebut yang termasuk SPAM. 

Beberapa kriterianya misal seperti backlink yang topiknya tidak relevan, backlink dari situs negara-negara yang tidak relevan, atau backlink dari situs zero authority.

Sebenarnya ini mungkin tidak akan menjadi masalah besar. Tetapi, jika jumlahnya mencapai ratusan, tentu sangat tidak direkomendasikan untuk membeli domain expired tersebut. 

  1. Periksa nilai brand

Ini penting bagi Anda yang membeli domain kedaluwarsa untuk kebutuhan branding. Misal Anda merasa cocok dengan sebuah nama domain, maka jangan ragu untuk membelinya. Brandability ini sangat penting. Mengapa? 

Ini sangat berguna bagi Anda yang ingin membangun situs untuk jangka panjang. Di sisi lain, apabila Anda menggunakan PBN dan 301 redirect, brandability juga tidak akan berpengaruh apapun. 

  1. Periksa kemungkinan ban Google AdSense

Google sangat selektif dalam memilih nama domain yang mendaftar untuk AdSense. Domain yang tidak sesuai syarat dan ketentuan, tentu akan ditolak. Ada kemungkinan, di luar sana Anda mendapatkan sebuah domain kedaluwarsa yang sebelumnya sudah terkena ban Google AdSense.

Jadi apabila Anda ingin membeli expired domain untuk kebutuhan semacam ini, disarankan supaya memeriksa kemungkinan adanya ban AdSense. Adapun tool yang bisa Anda gunakan adalah AdSense Sandbox. 

Tool ini menampilkan iklan untuk sebuah situs ketika Anda memasukkan URL. Cukup masukkan URL domain kedaluwarsa yang hendak Anda beli. Apabila iklan tidak muncul di situ, maka itu domain yang terkena ban Google AdSense.

  1. Memastikan Trust Flow (TF) dan Citation Flow (CF)

Cukup rumit untuk menemukan expired domain berkualitas baik yang sesuai kebutuhan. Termasuk harus memeriksa metrik Majestic agar Anda tahu seberapa berkualitas backlink yang mengarah ke domain tersebut.

Sebenarnya Anda bisa menganalisis secara manual bagiamana kualitas backlink-nya. Akan tetapi, cara ini dinilai lebih cepat dan praktis. Coba periksa skor domain di Majestic SEO. Setidaknya skor harus menunjukkan 25 persen CF. Jika angkanya terlalu rendah, kemungkinan banyak terdapat backlink SPAM.

Jika Anda merasa dilema untuk memilih di antara banyak expaired domain, coba beli domain yang memiliki TF relatif lebih tinggi dibandingkan dengan CF

  1. Tidak terkena ban Facebook

Pasti ada beberapa expired domain yang pernah terkena ban Facebook sebelum Anda beli. Biasanya ini terkait aktivitas spamming yang dilakukan oleh pemilik sebelumnya. Misal seperti penggunaan aplikasi posting otomatis di grup FB.

Namun masalah ini tentu bisa teratasi, apabila domain tersebut benar-benar yang Anda butuhkan. Buat pengaduan kepada pihak Facebook tentang pengalihan kepemilikan domain tersebut. Dalam beberapa kasus, ban terhadap Facebook Ads akan diselesaikan tidak sampai 30 menit.

Cara memastikan apakah domain tersebut terkena ban atau tidak di FB sangatlah mudah. Cukup baut postingan dengan link domain tersbeut di timeline atau message. Jika tidak bisa, berarti domain tersebut sudah diban.

  1. Harus masih terindeks Google

Apakah domain kedaluwarsa harus masih terindeks Google? Jawabannya adalah iya. Anda perlu memastikan hal tersebut karena ini dapat memastikan bahwa domain yang ingin Anda beli artinya aman dari ban Google. 

Akan tetapi, terkadang ada kasus unik di mana domain yang memiliki backlink besar, justru tidak terindeks oleh Google. Kemungkinannya adalah domain tersebut sudah ditinggalkan terlalu lama. Oleh karena itu, agak lebih direkomendasikan membeli domain yang kedaluwarsanya belum terlalu lama. 

  1. Berapa kali domain itu drop

Untuk memeriksa hal ini Anda dapat menggunakan DomainTools Whois. Cek sudah berapa kali domain yang Anda maksud itu kedaluwarsa sebelum akhirnya tersedia lagi. Jika sudah terjadi drop selama lima kali, sebaiknya cari domain lain.

Anda harus menggali jauh lebih dalam lagi tentang data dari domain tersebut. Juga berhati-hatilah agar tidak melanggar hak cipta. Beberapa praktisi SEO profesional menyarankan supaya Anda tidak memilih nama domain expired yang telah drop sebanyak 5 kali dalam waktu 10 tahun.